Latest News

Apakah Point of Sale(POS) - Pengertian POINT Of SALE

Point of Sale

Point Of Sale atau  bisa disingkat POS sering digunakan untuk membantu Pengelola Bisnis atau Pemilik Usaha dalam hal mempermudah Bertransaksi dengan Pelanggannya, mendata stok/inventori barang, mengetahui laporan penjualan dan profit yang bisa kita atur baik per hari, mingguan, bulanan bahkan setiap tahun, fungsi lain dari POS termasuk mencakup dalam hal segi keamanan dalam bertransaksi maupun mendata stock barang.

Pengertian dari POS(Point Of Sale) adalah Metode penggabungan perangkat Keras(Hardware) dan Lunak(Software) yang membentuk suatu sistem untuk memudahkan dalam hal bertransaksi dengan Pelanggan, pada umumnya POS digunakan pada suatu Perusahaan Perkantoran, Super/mini market, Restaurant, Hotel atau usaha lainnya.

Perkembangan Point of Sale pada awalnya adalah sebuah mesin kasir atau biasa disebut dengan  Cash Register yang merupakan suatu mesin semacam kalkulator yang dilengkapi laci uang dan pencetak bukti pembelian, struk atau invoice.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, fungsi cash register kurang memenuhi kebutuhan untuk usaha yang memerlukan detail laporan rugi laba, stok barang, dan kebutuhan custom lainnya. ada sebagian merek cash register yang kini juga menambahkan beberapa fitur untuk melengkapi permintaan konsumen, meskipun penggunaan cash register lebih banyak digunakan oleh usaha menengah yang tidak membutuhkan detail laporan penjualan maupun stok barang.

POS Touch Screen System

Point of sale juga sering biasa disebut dengan istilah lain seperti Mesin Kasir,Program Kasir, Program Toko,Inventory system, Aplikasi toko, Retail system dan lainnya, yang pada dasarnya sama dengan fungsi fungsi yang sama pula, yaitu untuk memudahkan kasir dalam hal bertransaksi dengan pelanggan

Media Point Of Sale dibutuhkan beberapa perangkat, seperti PC/Komputer atau laptop, Printer Kasir, Laci uang(Cash Drawer), Scanner barcode, Pole display, MSR(Magnetic Stripe Reader) dan Software pastinya. ada juga  beberapa PC Touch screen yang sudah dilengkapi dengan beberapa perangkat tersebut diatas atau biasa disebut PC POS yang lebih memberikan kecanggihan dan lebih praktis, atau sebuah Monitor PC Touch screen yang sudah dilenggkapi dengan Software POS, dan harganya pun lebih mahal tentunya.

Salam,,,Sukses Selalu..

22 Responses to "Apakah Point of Sale(POS) - Pengertian POINT Of SALE"

  1. Thanks for sharing your info. Point Of Sale System I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further write ups thanks once again.

    BalasHapus
  2. This blog on Epos System will make us Epos system Uk more aware of its benefits, usage and how its working for every business..

    BalasHapus
  3. Wonderful post, restaurant epos systems uk thankful to all your team for sharing such best information about POS systems.

    BalasHapus
  4. This blog on EPOS system will make us more aware of its benefits, usage and how its working for every business..Thank q for this Post..

    BalasHapus
  5. Nice one. best epos system Keep sharing and updating your blog with new topics,Thank you for posting...

    BalasHapus

  6. This is really Fantastic Post EPOS systems Uk Great information ..Thank you

    BalasHapus
  7. Thanks so much. epos Your blog is to good...

    BalasHapus
  8. I really thank for restaurant epos your efforts in providing the information. Look to see more from you...

    BalasHapus
  9. Such a very fantastic post epos software for retail Thank u for a wonderful information

    BalasHapus

  10. fantastic blog, epos systems Thanks for sharing some valuable information....

    BalasHapus

  11. Thanks for sharing your postepos software for retail and it was very useful information

    BalasHapus
  12. Awesome post,epos systems uk thank full to all your team for sharing wonderful information about epos systems.

    BalasHapus
  13. It's been an informative blog. epos system I would like to see more blogs from you.Helps with some valuable information great job done..

    BalasHapus
  14. Thanks for great information you write it very clean. epos system I am very lucky to get this tips from you.

    BalasHapus
  15. Its really very useful blog. thanks for shearing with us. Please Visit:

    point of sales softwares
    point of sale apps

    BalasHapus
  16. Thanks for sharing this useful information epos regarding There is a very good information on your blog.

    BalasHapus
  17. What a nice blog post. epos Thanks for sharing!It is really worth reading.Thanks

    BalasHapus
  18. Point Of Sale dengan penawaran harga yang lumayan, juga menjadi salah satu aplikasi yang dimana pengembang terus menciptakan nya. Tapi solusinya adalah aplikasi gratisan melalui sourceforge

    BalasHapus